Thursday, October 7, 2010

Berlian Pink dilelang Rp 338 Miliar



Berlian berwarna pink yang sangat langka akan dijual dengan harga US$ 38 juta atau sekitar Rp 338 miliar oleh rumah lelang Sotheby`s di Jenewa, Swiss, 16 November mendatang.

Juru lelang Sotheby`s, Senin (4/10), mengatakan berlian 24,78 karat berbentuk persegi panjang dengan sudut membulat yang dipasang pada sebuah cincin itu berasal dari koleksi pribadi.

Batu permata, peringkat di antara tipe yang tercatat hanya dua persen dari berlian, muncul terakhir di pasar 60 tahun lalu saat dijual oleh legendaris perhiasan Amerika Serikat Harry Winston.

Sekarang berlian itu sedang dalam pameran di Hong Kong dan akan melanjutkan tur dunianya sebelum dijual di Jenewa.

Ketua Departemen Perhiasan Internasional Sotheby`s untuk Eropa dan Timur Tengah, David Bennett, mengatakan selama 35 tahun karirnya di Sotheby`s ia mempunyai banyak kesempatan untuk meneliti banyak batu permata yang langka dan indah. “Dan permata pink ini adalah salah satu dari berlian yang paling diinginkan yang pernah saya lihat,” kata Benett.

Menurut dia, hal yang membuat permata itu sangat jarang adalah kemurnian dan kombinasi warnanya yang luar biasa dengan potongan zamrud klasik,” kata dia sembari menjelaskan gaya pemotongan lazimnya terkait dengan berlian putih.

Menurut pengalaman Sotheby`s berlian yang paling banyak diburu dilelang batu permata adalah yang berwarna pink, biru dan hijau.

Rekor dunia saat ini untuk berlian yang paling mahal dijual dalam lelang adalah Bintang Josephine, berlian biru seberat 7,03 karat yang terjual pada Mei 2009 di Sotheby’s senilai Rp 84 miliar.

No comments:

Post a Comment