Friday, October 8, 2010

Cara kerja CPU komputer

CPU atau juga dikenal denga prosesor atau bila pada computer mikro disebut mikroprosessor adalah otak dari computer, seperti halnya otak manusia yang terdiri dari berjuta-juta sel berfungsi untuk sebagai tempatnya proses berpikir, CPU berfungsi sebagai tempat memproses data-data dan instruksi-instruksi program. sebuah prosesor terbuat dari chip silikon yang didalamnya mengandung jutaan transistor kecil, transistor ini menyimpan pulsa elektrik yang memberikan nilai 1 dan 0 dan membentuk system bahasa binary yang di gunakan computer untuk berkomunikasi, CPU akan memproses data dan instruksi yang disimpan dalam bentuk byte di dalam memori, data adalah bentuk biner dari angka dan huruf, dan instruksi akan memberi tahu apa yang harus dilakukan oleh CPU terhadap data tersebut.


CPU akan melakukan tiga operasi utama terhadap data tersebut: membacanya, memanipulasi (memproses) data tersebut, dan seringkali menuliskannya ke dalam memori. Pada tingkat yang lebih sederhana, CPU hanya memerlukan empat elemen untuk melakukan operasi terhadap datanya: instruksi, penunjuk instruksi, beberapa register, dan sebuah aritmethic logic unit.

Penunjuk instruksi akan memberitahu CPU dimana instruksi tersebut diletakkan di memori saat dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi.

Register adalah tempat penyimpanan sementara di CPU. Sebuah register menyimpan sebuah data yang menunggu untuk diproses oleh sebuah instruksi, atau sebuah data yang telah diproses (misalkan, hasil dari penambahan dua angka sekaligus).

Unit logika aritmatika (arithmetic logic unit/ALU) berfungsi sebagai kalkulatornya CPU, bekerja dengan fungsi matematika dan logika yang diperintahkan oleh set instruksi.

CPU terdiri atas beberapa bagian tambahan yang membuat bagian dasar CPU bekerja sebagaimana mestinya:

• Fetch instruksi mengambil instruksi dari RAM atau bagian dari memori yang terletak di CPU.

• Dekoder instruksi mengambil instruksi dari fetch dan menerjemahkannya sehingga CPU mengerti. Dekoder ini menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menyelesaikan instruksi tersebut.

• Unit kontrol akan mengatur dan mengkoordinasikan seluruh operasi chip. Unit ini akan memberitahu ALU kapan untuk melakukan kalkulasi, kemudian memberitahu fetch kapan untuk mengambil sebuah nilai, dan memberitahu dekoder kapan untuk menerjemahkan nilai tersebut menjadi sebuah instruksi.

Cara Kerja CPU

Beginilah caranya CPU melakukan tugasnya: penunjuk instruksi mengarahkan fetch instruksi ke sebuah spot di memori yang menampung sebuah instruksi. Fetch kemudian menangkap instruksi tersebut dan memberikannya ke dekoder instruksi, kemudian mengamati instruksi tersebut dan menentukan langkah selanjutnya untuk melengkapi instruksi tersebut (sebuah instruksi dapat terdiri dari rangkaian langkah yang harus dilengkapi dalam urutan tertentu).
ALU kemudian mengerjakan perintah yang diminta instruksi: menambah data, membagi data, atau memanipulasi data yang ada. Setelah CPU menerjemahkan dan mengerjakan instruksi, unit kontrol memberitahukan fetch instruksi untuk menangkap instruksi berikutnya di memori. Proses ini berlangsung terus menerus–dari satu instruksi ke instruksi berikutnya, dalam suatu langkah yang rumit–untuk menciptakan hasil yang dapat Anda lihat di monitor. Itulah kerjanya sebuah program
seperti pengolah kata: sebuah seri instruksi-instruksi dan data-data.
source http://indrayoga.wordpress.com/2008/...ara-kerja-cpu/

No comments:

Post a Comment