Friday, October 8, 2010

Indonesia Kalahkan Uruguay 2-1

AFP/ALFREDO ESTRELLA
Legenda sepak bola Brasil dan dunia, Pele. Eksekusi penaltinya pernah dimentahkan kiper Indonesia, Ronny Paslah. 
 
JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan kiper tim nasional Indonesia, Roony Pasla (63), mengungkapkan, "Tim Merah-Putih" pernah menggulung Uruguay dengan skor 2-1 di Jakarta, pada 21 April 1974. Ia berharap, fakta itu membakar semangat dan kepercayaan diri tim nasional saat saat melawan Uruguay dalam laga persahabatan, Jumat (8/10/2010).

"Ini adalah catatan sejarah bagi tim nasional Indonesia yang bermain di GBK (Gelora Bung Karno). Pertandingan persahabatan ini menjadi pelajaran bagi pemain tim nasional saat ini," ujar Ronny.

Ronny membela tim nasional pada periode 1966-1987. Setelah pensiun, ia menjadi pelatih tenis lapangan.

Selain kemenangan 2-1 atas Uruguay, Ronny juga punya kenangan berkesan lain selama menjadi pesepak bola, yaitu ketika melawan Brasil pada 1972.

Dalam pertandingan itu, Indonesia kalah 1-2, tetapi juga diwarnai keberhasilan Ronny menahan eksekusi penalti legenda Brasil dan dunia, Pele.

Indonesia era itu diperkuat sejumlah pemain ternama lainnya, misalnya Sutan Harhara, Ronny Pasla, Andjas Asmara, Abdul Kadir, dan Ronny Pattinasarany.

Sementara itu, untuk pertandingan nanti malam, Indonesia akan menghadapi Uruguay, yang didukung 16 pemain yang membawa tim itu melaju sampai semifinal Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, minus Diego Forlan.

Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, menyatakan, timnya akan berusaha menampilkan permainan terbaik dan profesional. Ia juga mengaku berharap, Indonesia dan perangkat pertandingan juga begitu. (ANT)

No comments:

Post a Comment