Thursday, October 7, 2010

Jenis-Jenis Hantu dari Jepang

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang unik dan mempunyai latar belakang sejarah yang berpijak pada hal supranatural. Masyarakat Jepang meyakini adanya kekuatan batin manusia yang dapat memasuki dimensi lain yang penuh dengan kekuatan luar biasa. Dunia supranatural Jepang cara baik untuk menjelaskan yang tidak dapat dijelaskan dan sebuah cara untuk masuk lebih dalam lagi. Hal itu bisa dikatakan sebagai sebuah pencarian spiritual bagi para pencari hal mistik. Keajaiban ada di mana-mana dan kejadian ajaib yang supranatural mungkin sedang menunggu di sudut berikutnya.
Dalam pemikiran orang Jepang, ketika seseorang meninggal dunia rohnya akan meninggalkan kehidupan ini menuju ke dunia yang kekal, setelah mencapai tempat tujuan ini rohnya harus menghabiskan beberapa waktu di antara tingkat keberadaan dalam sebuah tempat yang tidak jelas dan tidak pasti. Di tempat inilah roh dapat menjadi hantu penasaran yang dapat menghantui atau mengganggu orang-orang yang masih memiliki hubungan yang kuat dengannya. Para roh tersebut terus menghantui orang-orang di dunia sampai ada seseorang atau sesuatu yang bisa membebaskan mereka untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju keabadian.
Konsep orang Jepang terhadap alam gaib adalah sebagai berikut :
a.Bagi orang Jepang, semua fenomena alam yang hidup (animate) maupun yang tidak hidup (inanimate) bahkan benda buatan manusia sekalipun mempunyai potensi untuk menjadi hidup jika dimasuki oleh roh gaib.
b.Tenaga gaib khusus atau fungsi dari roh atau dewa dapat mempunyai hubungan langsung maupun tidak langsung dengan sifat dari wadah tempat bersemayamnya. Bukti dari disosiasi antara dewa dengan tempat persemayamannya itu, terletak pada adanya keyakinan bahwa suatu dewa dengan fungsi tertentu dapat saja mempunyai beberapa tempat persemayaman dan fungsi berbeda.
Dalam tradisi Jepang mengenal beberapa makhluk halus, diantaranya adalah :
1. Onryou



Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut:
1.Rambut panjang terurai.
2.Memakai kimono putih.
3.Pergelangan tangan menjuntai ke bawah.
4.Biasanya kaki tak tampak menjejak

2. Ubume


Dalam kepercayaan masyarakat Jepang, Ubume adalah sosok hantu wanita yang meninggal ketika mengandung (lalu melahirkan dalam kubur) sehingga meninggalkan anak yang masih bayi, dan hantu tersebut selalu kembali untuk merawat anaknya dengan membawa gula-gula. Di Indonesia, hantu jenis ini dikenal dengan Kuntilanak atau Sundel Bolong. Penampakan Ubume hampir sama dengan penampakan Onryou, hanya kisah asal muasalnya saja yang berbeda.

3. Funa Yuurei


Funa Yuurei adalah hantu yang berasal dari manusia yang tewas di tengah lautan. Mereka biasanya menampakkan diri pada penumpang kapal dan berpura-pura meminta bantuan kepada para penumpang, setelah itu mereka akan membalikkan kapal tersebut sehingga semua penumpang meninggal.

4. Zashiki Warashi


Zashiki Warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang seringkali nakal dan membahayakan. Hantu ini bisa juga disebut Zashiki-bokko. Zashiki bisa diartikan sebagai penutup lantai rumah(tatami), sedangkan Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan Zashiki Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Di Indonesia hantu seperti ini disebut tuyul. Biasanya hantu anak-anak ini berkeliaran di sekitar rumah, dan hantu ini mencari perhatian dengan cara yang bermacam-macam, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik di ruang tamu atau tiba-tiba duduk di atas futon. Hantu ini paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Mungkin karena usia mereka sebaya.

TAMBAHAN - TAMBAHAN

5. YUKI-ONNA


Youkai yang satu ini salah satu youkai yang paling terkenal di Jepang, dan sudah banyak yang membuat film dengan tema yang sama, yaitu Yuki-onna/ si wanita salju. Yuki-onna adalah youkai yang berwujud wanita cantik semampai berambut panjang dan berkulit pucat. Kadang-kadang muncul mengenakan kimono putih, namun ada pula yang menyebutkan bahwa ia tak berbusana. Wajahnya cantik namun memancarkan kekejaman. Ia melayang di atas salju dan tidak meninggalkan jejak kaki, dan dapat berubah menjadi asap, kabut, maupun salju. Yuki-onna identik dengan musim dingin, dan kerap muncul di malam berbadai salju untuk mencari mangsa.
Manusia, terutama laki-laki, yang menjadi mangsanya biasanya dihembus dengan napasnya sampai membeku seperti es sebelum jiwanya direbut.

6. ONI


Adalah raksasa berambut kusut, bertaring dan bertanduk. Pakaiannya biasanya hanya berupa cawat dari kulit harimau, dan membawa-bawa gada besi sebagai senjatanya. Ada yang melukiskan dengan wanra kulit merah, biru, atau hitam. Meski ada masyarakat Jepang yang menganggap ONI adalah makhluk baik hati dan ramah–senang menyajikan makanan dari ulat kepada tamunya, tapi Oni tetap dianggap sebagai makhluk yang keji dan gemar memangsa manusia.

7. KUCHISAKE-ONNA


Kuchisake-onna atau wanita bermulut sobek, biasanya tampil sebagai wanita cantik berbaju merah dan memakai masker di mulutnya. Ia kerap muncul di malam berkabut. Bila ia bertemu seseorang, ia akan bertanya, “Watashi Kirei?” [apakah aku cantik?]. Bila orang tersebut menjawab ya, Kuchisake-onna akan melepas maskernya seraya bertanya, “Meski wajahku seperti ini?”. Namun bila menjawab tidak, maka kuchisake-onna akan menyerang dengan pisau.
Ada juga yang mengatakan senjatanya adalah sabit atau gunting. Dalam bahasa jepang, kata kirei [cantik] memiliki bunyi yang mirip dengan pengucapan kata kire [memotong]. Bila ingin selamat dari serangannya, jawablah dengan “lumayan”, dan saat wanita tersebut berpikir, sebaiknya kita melarikan diri. Ada juga yang mengatakan bahwa kuchisake-onna membenci pomade [minyak rambut]. Ia juga takkan menyerang anak-anak yang memberikan permen kepadanya.

8. KUBIKAJIRI


Kubikajiri adalah yuurei yang kerap terlihat di kuburan saat hari telah gelap. Konon, kubikajiri mencari-cari kepalanya yang hilang dain ia tak segan untuk memakan kepala orang yang ditemukannya, apakah masih hidup ataukah sudah berwujud mayat.

9. AMIKIRI


Mahluk aneh nan menakjubkan, salah satu ras mahluk air yang bisa berubah wujud dan hidup didarat bahkan kadangkala terbang diudara layaknya mereka berenang di air. Mahluk ini memperoleh nama julukannya karena kebiasaannya jala ikan yang ekrapkali menghalangi pergerakan mahluk ini. Jala ikan para nelayan yang menghalangi ketika mahluk ini berenang didalam air akan diputus sampai menjadi serpihan serpihan kecil oleh capitnya yang tajam.
Tetapi, mereka hampir tidak pernah menyerang manusia, mahluk ini adalah jenis mahluk yang tenang walaupun penampilannya menakutkan. Gambaran umum tentang wujud amikiri adalah capitnya yang menyerupai capit lobster, ekor ular dan kepala mirip seperti burung camar. Beberapa sumber mencatat bahwa amikiri berukuran seperti hewan rumahan layaknya anjing atau kucing, ettapi ada juga sumber lain yang menyebutkan bahwa ukuran amikiri sebesar manusia, tepatnya seukuran anak anak.

10. JOROUGUMO


Jourogumo adalah youkai laba-laba betina yang bisa berubah wujud menyerupai wanita yang amat jelita. Konon, setelah mencapai usia 400 tahun laba-laba betina akan berubah menjadi Jorougumo. Ia memanggil mangsanya, yang tentu saja laki-laki, dengan alunan biwa yang dipetiknya. Laki-laki tersebut akan terhipnotis dengan suara biwa dan akhirnya menjadi santapan Jorougumo

No comments:

Post a Comment