Wednesday, October 6, 2010

Mau Sukses Wirausaha? Jangan Jadi Broker

Ilustrasi : Inovasi produk rumah boneka bertema rumah adat di Indonesia dengan muatan budaya lokal.

KOMPAS.com - Kaya bukan menjadi ukuran kesuksesan sebuah usaha. Wirausaha yang sukses dan bertahan membutuhkan kerja keras yang bukan cuma bermodalkan kepintaran. Jika ingin sukses berbisnis, Anda harus berani memulai dari bawah, berinovasi, cerdas, bekerja keras, dan memiliki strategic thinking.

"Orang Indonesia banyak yang kaya karena menjadi broker. Padahal yang dibutuhkan untuk membangun wirausaha sukses adalah kerja keras dari bawah dengan inovasi bisnis yang baru. Start small, dream big," papar pengamat ekonomi Aviliani seusai peluncuran program reality show kompetisi wirausaha Diplomat Success Challenge, beberapa waktu lalu.

Pebisnis yang memiliki fondasi kuat akan selalu siap menghadapi kendala. Saat gagal berbisnis, pebisnis tak patah arang dan akan bertahan.

Kompetisi bisnis bisa memotivasi

Selain fondasi yang kuat, dalam berbisnis juga diperlukan kompetisi. Kompetisi bisnis inilah yang meningkatkan motivasi.

"Kalau tak terbiasa bersaing, belum apa-apa sudah merasa down," tambah Aviliani.

Semangat untuk mempertahankan bisnis dalam kondisi sesulit apapun semakin terasah jika mental kuat. Inilah juga manfaat kompetisi bisnis, selain juga sportivitas yang teruji.

Siap menjadi pengusaha sukses dengan cara ini?

No comments:

Post a Comment