Friday, October 8, 2010

RI Siap-Siap Kebanjiran Wisatawan Asal Singapura, Malaysia dan Australia

JAKARTA - Singapura, Malaysia dan Australia diproyeksikan bakal mendominasi wisatawan asing yang datang ke Indonesia dalam dua tahun mendatang.

Dalam survey minat kunjungan Visa-Pacific Asia Travel Association (PATA), Asia Pacific Travel Intentions Survey 2010, para responden yang tertarik mengunjungi Indonesia dalam dua tahun ke depan, 29 persen adalah wisatawan asal Malaysia, 18 persen asal Australia dan 15 persen asal Singapura.

“Fakta menunjukkan bahwa banyak wisatawan asing yang mempertimbangkan Indonesia sebagai negara tujuan wisata pada dua tahun mendatang memberikan titik terang bagi industri pariwisata di Indonesia,” jelas Country Manager Visa untuk Indonesia Ellyana Fuad dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (2/10/2010).

Survey ini juga memberikan gambaran profil wisatawan yang telah mempertimbangkan Indonesia sebagai tujuan wisata dalam dua tahun mendatang. Daya tarik utama bagi wisatawan-wisatawan ini adalah tempat wisata baru, pemandangan alam dan harga yang terjangkau. Mereka cenderung melakukan perjalanan dengan pasangan dan lebih memilih untuk tinggal di hotel bintang empat dibandingkan jenis akomodasi lainnya.

Rata-rata wisatawan ini berencana untuk menghabiskan lebih dari USD1.500 untuk biaya liburan dan kebanyakan bersedia membayar lebih untuk makanan lezat, daerah kunjungan eksotis dan kesempatan untuk menikmati budaya baru. 59 persen responden yang pernah mengunjungi Indonesia dalam dua tahun terakhir, mengatakan daya tarik utama untuk kembali ke Indonesia antara lain adalah makanan, belanja dan keterjangkauan biaya

“Indonesia memiliki keunikan dari campuran dan warisan kebudayaan, makanannya yang lezat dan biaya terjangkau serta memiliki beberapa pantai terbaik di dunia,” tukasnya.

No comments:

Post a Comment