Thursday, October 7, 2010

Tempat parkir tercanggih masa kini, mobil diangkat secara mekanis

Ketika pergi ke sebuah gedung perbelanjaan kita kadang susah untuk mencari tempat parkir dan sering kali memarkir mobil di tempat yang sempit dan penuh.

Namun masalah lama itu sepertinya sudah menemukan solusi. Di sebuah gedung pencakar langit terbaru di Birmingham, Inggris, The Cube, pengelola melengkapi gedung itu dengan salah satu tempat parkir yang paling canggih di dunia.


Di tempat parkir canggih ini, Anda tidaklah perlu lagi mencari tempat parkir. Para pemilik mobil hanyalah tinggal meletakkan mobil mereka di sebuah ruangan yang telah disediakan.

Setelah itu, mobil tersebut akan diangkat dan dibawa ke tempat parkir dengan sebuah alas yang kemudian digerakkan secara mekanis.

Dengan begitu mobil milik pengendara itu akan diparkirkan di tempat khusus. Penguna mobil pun dengan santai meninggalkan mobilnya tanpa perlu takut kemalingan sebab mobil tersebut ditaruh di ruang-ruang khusus secara robotik tanpa ada jalan keluar konvensional di depannya.

Yang bagus lagi, jika pengguna mobil kelupaan sesuatu di mobilnya, dalam 2 menit, sistem parkir unik ini akan mengeluarkan mobilnya kepada pemiliknya.

Jadi sejak pertama diparkirkan hingga pengunjung mengambil mobilnya, tempat parkir ini 'mengangkat' mobil tersebut, sama seperti lift untuk mengangkut manusia.


Selain itu, seperti dilansir BBC, Kamis (30/9/2010), Andrew Smith dari WOHR Car Parking Systems yang merancang tempat parkir canggih tersebut juga menjelaskan kalau para pelanggan mereka akan diberi entry key yang unik yang bisa digunakan untuk masuk ke gedung dan mengambil mobil mereka, jadi pengguna mobil tidak perlu lagi mengambil tiket karcis.

Ketika kita ingin keluar dari gedung, kita tinggal menempelkan entry key ke alat khusus, dan nanti di layar monitor akan terpantau mobil kita tengah dibawa ke luar dan ditaruh di mana oleh sistem parkir tersebut. Jadi kita tinggal menunggu di lift mana mobil kita akan keluar.

Sementara itu Neil Edington dari The Cube mengakui meski membutuhkan biaya investasi yang tinggi yakni mencapai angka 2 juta poundsterling, sistem parkir canggih ini sangat potensial. [detikoto]





sumber : http://asaborneo.blogspot.com/2010/0...ggih-masa.html

No comments:

Post a Comment