Wednesday, October 6, 2010

Tentang Coelacanth, Si ikan purba


Coelacanth, Si ikan Purba . . .


Coelacanth adalah nama umum untuk pesanan dari ikan yang mencakup hidup tertua garis keturunan dari Gnathostomata dikenal sampai saat ini.
Mereka dianggap sebagai "missing link" antara ikan dan tetrapoda pertama sampai Latimeria spesimen ditemukan di lepas pantai timur Afrika Selatan, dari Chalumna Sungai pada tahun 1938.
Sejak 1938, Latimeria chalumnae telah ditemukan di Komoro, Kenya, Tanzania, Mozambik, Madagaskar, dan di iSimangaliso Wetland Park, Kwazulu-Natal di Afrika Selatan.
Spesimen pertama spesies ini hanya difoto di pasar lokal oleh Arnaz dan Mark Erdmann sebelum dibeli oleh seorang pembeli.
Coelacanth tidak memiliki nilai komersial nyata, selain dari yang diidam-idamkan oleh swasta museum dan kolektor.
Sebagai makanan ikan coelacanth hampir tidak berguna sebagai minyak memancarkan jaringan bahkan ketika mati, memberikan daging dengan rasa busuk.

Coelacanth adalah lobus-ikan bersirip dengan dada dan sirip anal pada batang berdaging didukung oleh tulang, dan ekor atau caudal fin diphycercal (dibagi menjadi tiga lobus), yang di tengah yang juga mencakup kelanjutan dari notochord.
Coelacanth telah memodifikasi cosmoid skala, yang lebih tipis dari sisik cosmoid benar. Coelacanth juga memiliki perangkat electroreceptive khusus disebut organ berhubung dgn paruh di depan tengkorak, yang mungkin membantu dalam deteksi mangsa.
Perangkat kecil juga bisa membantu keseimbangan ikan, seperti echolocation bisa menjadi faktor dalam cara ikan ini bergerak.

Walaupun sekarang diwakili oleh hanya dua yang dikenal hidup spesies, sebagai sebuah kelompok yang coelacanth pernah sangat sukses dengan banyak marga dan spesies yang meninggalkan catatan fosil yang berlimpah dari Devon ke akhir Cretaceous periode, di mana mereka tampaknya mengalami hampir lengkap kepunahan.
Hidup sebelum spesimen ditemukan, diyakini oleh evolusionis bahwa coelacanth adalah "missing link" antara ikan dan tetrapoda. Hal ini sering mengklaim bahwa coelacanth tetap tidak berubah selama jutaan tahun, tetapi, pada kenyataannya, yang hidup bahkan spesies dan genus tidak diketahui dari catatan fosil.
Namun, beberapa spesies punah, terutama yang terakhir diketahui fosil coelacanth, genus Cretaceous Macropoma, sangat mirip dengan spesies hidup.Alasan yang paling mungkin untuk jeda adalah takson punah di perairan dangkal.


Subclass Coelacanthimorpha (Actinistia) kadang-kadang digunakan untuk memilih kelompok Sarcopterygian ikan yang berisi Coelacanthiformes. Berikut ini adalah klasifikasi yang diketahui coelacanth marga dan keluarga:




Taksonomi
Class Sarcopterygii
Subclass Coelacanthimorpha

* Order COELACANTHIFORMES
o Family Coelacanthidae (extinct)
+ Axelia (punah)
+ Coelacanthus (punah)
+ Ticinepomis (punah)
+ Wimania (punah)

o Family Diplocercidae (extinct)
+ Diplocercides (punah)

o Family Hadronectoridae (extinct)
+ Allenypterus (punah)
+ Hadronector (punah)
+ Polyosteorhynchus (punah)

o Family Mawsoniidae (extinct)
+ Alcoveria (punah)
+ Axelrodichthys (punah)
+ Chinlea (punah)
+ Diplurus (punah)
+ Mawsonia (punah)

o Family Miguashaiidae (extinct)
+ Miguashaia (punah)

o Family Latimeriidae
+ Holophagus (punah)
+ Libys (punah)
+ Macropoma (punah)
+ Macropomoides (punah)
+ Megacoelacanthus (punah)
+ Latimeria (James Leonard Brierley Smith, 1939)
* L. chalumnae (Comorese coelacanth) (James Leonard Brierley Smith, 1939)
* L. menadoensis (Indonesian coelacanth) (Pouyaud, Wirjoatmodjo, Rachmatika, Tjakrawidjaja, et al., 1999)
+ Undina (punah)

o Family Laugiidae (extinct)
+ Coccoderma (punah)
+ Laugia (punah)

o Family Rhabdodermatidae (extinct)
+ Caridosuctor (punah)
+ Rhabdoderma (punah)

o Family Whiteiidae (extinct)
+ Whiteia (punah)




Spoiler for Galery Foto:










No comments:

Post a Comment