Saturday, October 9, 2010

Asal Mula Es Krim




Mengikuti sejarah sebuah makanan memang menarik. Makanan lain yang ternyata sejarah pembuatannya ikut dicatat dan diselidiki adalah es krim. Hidangan dingin ini sudah ada sejak zaman Kaisar Nero. Ini terbukti dari catatan sejarah yang menceritakan detil sebuah pesta. Dimana pada salah satu hidangannya adalah es yang diambil dari penggunungan dengan dihiasi buah-buahan.

Namun yang pertama kali menjadikan es ini seperti es krim sekarang adalah salah satu Kaisar Cina. Kaisar Tang dimasa pemerintahan Dinasti Shang adalah raja yang memiliki citarasa tinggi terhadap makanan dan minuman. Masakan Cina dimasa itu betul-betul dibuat menjadi masakan kelas dunia. Para juru masak terbaik dari seluruh Cina dikumpulkan, mereka diberikan jenjang atau tingkat keahlian. Teknik memotong dan menggoreng jadi sebuah kebanggaan bagi para ahli juru masak Cina.Ketika disajikan es yang diambil dari salju yang turun, Kaisar tidak segera menyantap begitu saja es yang tersedia. Dia meminta agar es dicampur dengan susu sapi, tepung dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Mulailah dikenal di kalangan istana es krim yaitu es yang berupa adonan beberapa bahan.Tercatat juga Marcopolo sang penjelajah merupakan orang yang memperkenalkan es krim ini ke Eropa lewat Venesia. Dimasa itu yang namanya hidangan dari es adalah hidangan untuk kaum bangsawan.

Apalagi ketika listrik belum ditemukan, orang berusaha membuat es dengan cara membuat mesin minyak tanah. Mereka tidak lagi harus menunggu musim salju tiba, tapi dengan teknologi bisa membuat air beku. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh para bangsawan dan orang-orang kaya sehingga sampai tahun 1600-an es merupakan hidangan mewah.

Adalah Francesco Procopio dei Coltelli seorang Itali yang sudah melakukan bisnis menjual es. Kala itu dia menjual es buah berupa strawberry sorbet dan es krim. Yang dijual oleh Francesco ini mulanya hanya dianggap sebagai makanan aneh.
Belakangan justru apa yang dibuatnya itu merupakan pendidikan bagi warga Eropa dalam membuat hidangan es krim. Oleh sebab itu pula Itali dan Perancis merupakan negara yang sangat terkenal lezat es krimnya.

No comments:

Post a Comment