Wednesday, October 6, 2010

Batu Prasasti Ditemukan di Rumah Warga

Liputan6.com, Bandung: Sebuah batu prasasti bertuliskan huruf kuno ditemukan di rumah seorang kakek bernama Oong Rusmana (62), warga Cimaung RT 07, RW 07, Kelurahan Taman Sari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (5/10). Diduga batu itu benda purbalaka.
"Kalau dilihat dari tulisannya, itu memang tulisan kuno yang terdapat dalam batu prasasti," kata Kasie Kepurbakalaan Disbudpar Jabar Romlah. Batu prasasti tersebut ditemukan di halaman rumah Oong menyatu dengan sebuah pohon.
Pagi tadi ia bersama tim peneliti dari Balai Arkeolog Bandung Drs Lutfi Yondri dan Tim Peneliti Madya di Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung Nandang Rusnandar mengecek langsung batu prasasti tersebut. Menurutnya, batu prasasti tersebut memiliki panjang sekitar 1,8 meter dan terdapat dua baris tulisan huruf kuno.
Berdasarkan penyelidikan sementara Tim Peneliti Madya di Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung, tulisan yang terdapat dalam batu prasasti tersebut jika diartikan ke dalam latin kurang lebih seperti tulisan ""Ung ga l ja ga t, jal ma h dha p". Artinya seperti "setiap manusia dimuka bumi akan mengalami sesuatu". "Ini semacam prediksi untuk tidak melakukan sesuatu`, tapi ini harus diteliti lebih lanjut," kata Romlah.
Tulisan dua baris yang terdapat dalam prasasti tersebut sangat rapih dan rata dengan rincian panjang tulisan pertama 15 sentimeter, kedua 20 sentimeter serta tinggi huruf 3,5 sentimeter dan 2,5 sentimeter.(IAN/Ant)

No comments:

Post a Comment